Antara sains murni dan sains terapan, bagaimana kita dapat memahami potensi sebenarnya dari astrobiologi?

Sedikit pengantar saja, sejujurnya saya mulai tertarik dengan topik ini semenjak saya mengembangkan artikel Wikipedia Bahasa Indonesia bertajuk “Astrobiologi” sekitar dua tahun yang lalu. Artikel tersebut dikembangkan dari versi bahasa Inggrisnya yang memang lebih lengkap, akibat kegerahan saya pada artikel-artikel WBI yang kurang dikembangkan. Dan sebenarnya sudah sejak lama pula saya ingin mengulas topik ini menjadi sebuah tulisan bebas, tetapi keterbatasan ilmu masih menjadi penghalang terbesar saya.

Dua tahun berselang, dan kini saya ingin menghubungkan topik yang pernah saya dalami ini dengan keilmuan yang saya dapatkan dari bangku kuliah. Harapannya tulisan ini dapat memantik sesama mahasiswa dari berbagai jurusan keilmuan…

NASA baru saja berhasil menerbangkan sebuah helikopter di Mars, apa pengaruhnya dan bagaimana keberlanjutan penerbangan di luar Bumi?

Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 19 April 2021, umat manusia menorehkan sebuah catatan sejarah baru yang signifikan. Untuk pertama kalinya, manusia berhasil menerbangkan kendaraan bermesin di planet lain. Adalah wahana Ingenuity buatan NASA yang meraih gelar tersebut. Begitu signifikannya, hingga tak heran jika banyak orang serta media yang menyejajarkan pertistiwa penerbangan ini dengan penerbangan Wright Flyer buatan Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903.

Secara umum, Ingenuity adalah sebuah robot helikopter kecil berbilah empat yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Ingenuity memiliki bobot tak lebih dari 2 kg, dirancang seringan mungkin mengingat daya angkat yang bisa dihasilkan dalam atmosfer Mars jauh…

Ada beberapa mitos yang beredar mengenai gerilya Vietnam-Indonesia. Apakah mitos-mitos ini bisa dibuktikan secara nyata, atau hanya sekadar bualan belaka?

Peperangan gerilya termasuk ke dalam jenis peperangan yang paling terkenal, sejarahnya merentang sejak zaman kuno hingga modern, bertransformasi seiring dengan peperangan “konvensional”. Perang gerilya akan tetap ada selama manusia ada. Peperangan ini sering disebut sebagai “perjuangan si Lemah melawan si Kuat” atau “perjuangan rakyat yang tertindas” oleh masyarakat awam, tetapi definisi tersebut sangatlah umum dan tidak memberikan penjelasan lebih mengenai perbedaan antar-“mazhab” peperangan gerilya.

Dari sekian banyak mazhab peperangan gerilya, ada dua di antaranya yang sering terlibat di dalam diskusi sejarah orang-orang Indonesia: Nasution (Wingate) dan Mao. Keduanya menjadi dasar dari gerilya Indonesia pada tahun 1947–1949 dan gerilya Vietminh-Vietcong pada…

There are some myths around guerrilla warfare in Vietnam and Indonesia. Are these myths actually true, or just a fanatic’s nonsense?

Guerrilla warfare is among the most well-known form of warfare, has its history spanning from the ancient age into the modern age, transforming alongside the more traditional “conventional” warfare. There will always be guerrilla warfare as long as humanity exists. It is so often described as the “struggle of the weak against the strong” or “struggle of the oppressed people”, but that only shone on the shallow surface of guerrilla warfare itself, devoid of the abyssal varying schools of thought it really has. And of those different schools of thought, two of them are quite relatable among Indonesian: Nasution and…

Ahmed Akmal Agassi

Newfound repository of my heritage. A military, history, science, and engineering enthusiast. Seeking to combine the four disciplines into my writings.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store